Insta Photos

Minggu, 07 Juli 2013

Safari Masjid : Jaga Semangat Ibadah Selama Ramadhan

Bismillahirrohmanirrohim...

Dua hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan. Rasanya baru kemarin kita berpuasa, sekarang akan menyambutnya kembali, Alhamdulillahirobbil'alamin. Marhaban Yaa Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan rahmat, tentunya tidak ingin kita sia-siakan. Saya mencoba membuat planing di bulan Ramadhan, salah satunya adalah safari masjid yang sejak tahun kemarin saya lakukan. Sayangnya tidak sepenuhnya,  karena pekerjaan suami di bulan Ramadhan lebih banyak lagi. Semoga tahun ini dapat terlaksana, Amin.

Dan tidak ada salahnya jika saya bagikan kepada teman-teman semuanya yang saya tulis dalam bentuk artikel singkat dibawah ini. Semoga bermanfaat.

:.

Bisa ditebak, fenomena semaraknya masjid diawal puasa bukanlah hal baru. Hal ini dikarenakan saking semangatnya menyambut Ramadhan. Memang tidak mudah mempertahankan semangat selama Ramadhan, apalagi shalat tarawih yang rakaatnya lebih dari sepuluh itu memang istimewa yang adanya hanya di bulan Ramadhan. Akan tetapi banyaknya jumlah rakaat yang kita jalani seringkali membuat kita bermalas-malasan menjalankannya. Setidaknya kata anak-anak seringkali mengeluh capek jika hendak diajak berangkat ke masjid. Dan itu bukan alasan bagi kita untuk meninggalkan anak dirumah sendirian atau bahkan kita sendiri yang tidak mau ke masjid dengan alasan menjaga anak di rumah.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba hal baru untuk membujuk anak agar semangat beribadah dan menjalankan shalat tarawih di masjid. Salah satunya adalah dengan mencoba safari masjid atau berkililing dari masjid ke masjid berbeda untuk menjalankan shalat tarawih.

Safari masjid bisa dilakukan menjelang berbuka pada hari sabtu-minggu dimana saat semua anggota keluarga libur dan berkumpul. Agar lebih menghemat pengeluaran jangan lupa untuk membawa bekal berbuka. Sehingga selain untuk menumbuhkan semangat beribadah juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Kita juga bisa melalukan edukasi kepada anak tentang kebesaran Allah SWT melalui masjid yang kita kunjungi.


Kita bisa memulainya dengan berkunjung ke masjid-masjid raya yang ada di kota atau jika di Surabaya kita bisa mengunjungi masjid Al-akbar, masjid Cheng Ho, Masjid Demak, masjid sunan ampel atau mungkin masjid yang agak jauh dari rumah. Paling tidak ketika kita mengajak anak berangkat ke Masjid, seperti kita mengajak anak liburan yang pastinya menyenangkan bagi mereka. 

:.

Selamat menyambut Ramadhan semuaaaaaa...
Semoga kita tetap menjadi hamba dan muslimah yang bersyukur telah diberi limpahan rahmat hingga dapat bertemu dengan Ramadhan kembali tahun 1434 H. Maafkan saya jika ada salah kata dalam blog ini maupun di blog saya yang lain.

Semangat sambut Ramadhan :D

Beberapa dokumentasi kegiatan Ramadhan tahun lalu, sayangnya safari masjidnya tidak terekam :(

Ngaji bersama keluarga amil Yayasan Yatim Mandiri Sidoarjo

Packing sembako menjelang lebaran oleh komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis

Forum bersama komunitas lingkar pena sidoarjo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar